Menjijikkan, Resto Rice Bowl di Jakarta Ini Cuci Alat masak di Toilet Jorok

  • Arry
  • 22 September 2024 17:48
Ilustrasi rice bowl(Mahbub Majid/unsplash)

Kritikus kuliner, Codeblu, mengungkapkan ada sebuah restoran salted egg rice bowl terkenal di Kuningan, Jakarta Selatan, yang sangat jorok. Bahkan, pemilik resto mencuci alat masak di toilet yang sangat jorok.

Codeblu dikenal dengan kritikan kuliner yang pedas. Banyak orang yang tersinggung dengan penilaian tersebut. Namun tak sedikit pula yang meyakini apa yang diungkap itu benar.

Dalam kritikan terbaru, Codeblu mengakui mendapatkan informasi dari salah satu pengikutnya terkait gerai restoran salted egg rice bowl di Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam foto yang dibagikan terlihat kondisi toilet yang jorok dan berkerak.

Codeblu menyebutkan, toilet jorok itu ternyata dijadikan juga sebagai tempat mencuci alat masak restoran. Terlihat pula ada sejumlah wadah makanan yang diletakkan di lantai toilet dan di bawah urinoir.

Baca juga
Warung Steak UMKM Ini Nyaris Bangkrut Usai Direview Food Vlogger Codeblu

"Pasti bapak kaget akan isi toiletnya yang menyatu dengan cucian peralatan masak. Dan sangat jorok sekali pak. Mungkin bapak bisa mengatasi hal ini agar ke depannya lebih baik," kata Mr. X kepada Codeblu.

"Saya sebagai rakyat biasa tentu saja tidak memiliki power untuk speak up, apalagi mengubahnya," tambah Mr. X yang meminta Codeblu untuk merahasiakan identitasnya.

Codeblu mengaku telah memverifikasi foto tersebut kepada Mr X. Dia menyatakan foto itu asli diambil oleh dirinya sendiri. Foto itu dia ambil di kamar mandi umum.

"Itu toilet yang ada di dalam store tersebut karena pegawai hanya mengarahkan saya ke toilet itu. Karena store tidak terlalu besar. Posisi toilet berada di sebelah kanan dari lorong kita masuk," tutur Mr. X pada Codeblu.

Baca juga
HSS 5: Ara Ara, Momen Codeblu Pukul KO Chef Arnold di Ronde 3

"Di belakang saya juga masih ada peralatan lain, tapi nggak ke-foto sama saya," ungkap Mr. X yang mengatakan berkunjung ke sana saat malam hari.

"Ada rice cooker dan alat naro sayurnya gitu. Kayak mana, gila ini. Ini tuh disamping kakus gitu. Gila nggak tuh. Kacau ya," kata Codeblu dalam videonya.

"Praktik ini banyak banget melanggar etika dan banyak melanggar hukum deh," kata Codeblu yang pernah adu jotos dengan Chef Arnold itu.

"Standarnya itu nggak boleh sembarangan, harus punya prosedur operasi standar (SOP)," ujar Codeblu.

Codeblu pun mempersilakan pengikutnya memberikan informasi atau temuan ganjil di sebuah tempat makan lainnya. "Silakan hubungi gua, DM gua nggak apa-apa. Kalau bisa ada buktinya langsung. Kasih tau dulu, nanti gua akan coba telusuri," tutupnya.

Unggahan Codeblu ini pun viral. Banyak netizen mengungkapkan restoran yang dimaksud adalah Sec Bowl, sebuah restoran yang menyajikan hidangan rice bowl salted egg sejak 2015. Salah satu gerainya berada di Jalan Prof. Dr. Satrio Nomor 10, Karet Kuningan, Setia Budi.

"Ini alasan usaha Food & Beverages (F&B) di Indonesia harus mulai ketat lagi, terutama wajib ada inspeksi kesehatan," kata seorang netizen.

"Yang nyuci apa nggak muntah-muntah juga," sahut netizen lain.

"Sebenarnya banyak tempat makan yang kayak gitu, itu cuma salah satu contoh saja," kata netizen.

Artikel lainnya: Tarif Tol Dalam Kota Naik Mulai Minggu 22 September Besok, Ini Rinciannya

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan