Long Weekend: Cek 5 Jalur Alternatif ke Puncak Bogor Untuk Hindari Kemacetan

  • Arry
  • 15 September 2024 15:59
Jalur Puncak Bogor(ist/ist)

Liburan ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat saat libur panjang membutuhkan perjuangan hebat. Sebab, jalur Puncak, Bogor pasti mengalami kemacetan horor.

Liburan ke Puncak, Bogor, selalu menjadi pilihan. Sebab, banyak sekali destinasi wisata yang bisa dituju. Mulai menginap di vila, wisata alam, hingga menikmati wisata di Taman Safari Cisarua, Bogor.

Namun, jalur menuju Puncak, Bogor, selalu mengalami kemacetan parah di saat liburan akhir pekan. Pengunjung dapat mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Mengutip laman Astra Daihatsu, berikut 5 jalur alternatif ke Puncak Bogor:

1. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Katulampa

Selain opsi Tol Sentul, Anda juga dapat keluar melalui Pintu Tol Bogor Selatan untuk memilih Jalan Katulampa. Namun, jika memutuskan untuk melewati rute ini, Anda perlu bersabar dan memiliki ketahanan yang kuat.

Alasannya, jalur ini melewati jalan yang sempit di tengah permukiman warga. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat berhadapan dengan kendaraan lain di jalur tersebut.

Perjalanan di jalur ini akan berakhir di Desa Pasir Angin, lalu melanjutkan menuju Simpangan Gadog. Setibanya di simpangan tersebut, pilihlah belokan ke kiri menuju arah Puncak Bogor.

2. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Bukit Pelangi

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi dan ingin menuju area yang sejuk, Anda dapat melalui jalur Sentul jika datang dari arah Jakarta atau Depok.

Dari jalan tol, keluarlah di Pintu Tol Sentul Selatan, dan kemudian pilih rute menuju Babakan Madang atau Bukit Pelangi (Rainbow Hills). Jalur alternatif Puncak ini akan membawa Anda menuju Jembatan Megamendung yang mengarah ke kawasan Puncak Bogor.

Setelah melewati Megamendung, Anda bisa beralih ke kanan, di samping Vimala Hills dan setelah Simpang Gadog. Kemudian, ambil jalan ke arah Cibedug. Setelah mencapai pertigaan Cibedug, ambil jalur kiri yang membawa Anda ke Arca Domas.

Selanjutnya, lanjutkan perjalanan ke arah Polsek Megamendung. Selama perjalanan, Anda akan melintasi beberapa desa, termasuk Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung, dan Desa Cidokom.

Jika Anda sudah tiba di Desa Citeko, yang berdekatan dengan Pasar Cisarua, itu menunjukkan bahwa Anda sudah sampai di wilayah tujuan wisata.

3. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Cinangka

Jika Anda memilih jalur Katulampa dan menghadapi kemacetan di Desa Pasir Angin atau Gadog, Anda dapat memilih opsi Cinangka sebagai rute alternatif.

Dari Desa Pasir Angin, arahkan kendaraan Anda ke arah Cikatapis. Jika Anda merasa kurang yakin, jangan ragu untuk bertanya kepada tukang ojek atau penduduk setempat.

Nantinya, Anda akan tiba di Polsek Cisarua atau Simpang Megamendung, yang berdekatan dengan Masjid Nurul Huda. Setelah itu, cukup belok kiri untuk menuju Puncak Pas Bogor.

4. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Puncak II

Sebagai opsi lain, Anda dapat memilih Jalur Puncak II yang melintasi Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar dari jalur ini mengalami kerusakan dan licin akibat tanah longsor. Bupati Cianjur, Herman Suherman, telah berupaya memperbaiki pembangunan jalur alternatif Puncak II ini, karena jalur ini dianggap sebagai solusi utama untuk mengatasi kemacetan parah di jalur tersebut.

Apabila Anda memilih jalur ini, perkiraan waktu perjalanan hanya sekitar 3-4 jam untuk mencapai Bogor, yang lebih cepat dibandingkan melalui jalur utama saat mengalami kemacetan parah.

5. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Cilember

Apabila kemacetan terjadi sampai Anda mencapai Simpang Megamendung, Anda bisa memilih menggunakan rute alternatif Puncak melalui Cilember.

Untuk melakukannya, sekitar 200 meter setelah Simpang Megamendung, masuklah ke jalan kecil di sisi kiri.

Jika Anda ingin menuju Taman Safari atau Puncak Pas Bogor, opsi keluar yang tepat adalah melalui Cibeureum.

Demikian informasi 5 jalur alternatif menuju Puncak, Bogor dari arah Jakarta untuk hindari kemacetan. Selamat mencoba.

Artikel lainnya: Heboh Api Misterius Keluar di Dalam Pohon Jati di Kuningan

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan