Masjid Al-Azhar Ungkap Alasan Gelar Sholat Idul Adha Hari Ini

  • Arry
  • 16 Juni 2024 20:05
Masjid Al-Azhar Jakarta(al-azhar/al-azhar.or.id)

Pengurus Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengungkapkan alasan menggelar sholat Idul Adha pada hari ini, Minggu, 16 Juni 2024. Padahal, Pemerintah maupun Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada Senin, 17 Juni.

Masjid Al-Azhar yang biasanya menggelar sholat bagi Muhammadiyah pun juga berbeda dengan ormas tersebut yang menetapkan Iduladha jatuh pada 17 Juni 2024. Pelaksanaan Sholat Id di sini mengacu pada pelaksanaan wukuf di Arafah yang jatuh pada kemarin, Jumat, 15 Juni.

"Kami bersepakat tentunya atas informasi yang dikeluarkan Saudi Arabia berkaitan dengan wukuf di Arafah itu jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, tentunya keesokan harinya kan Idul Adha," kata Kepala Kantor Masjid Al-Azhar Tatang Komara kepada wartawan di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu, 16 Juni 2024.

"Maka kami menetapkan untuk Salat Idul Adha kali ini adalah pada tanggal 16 Juni 2024, hari Ahad," jelasnya.

Baca juga
Pemerintah Tetapkan IdulAdha 1445 H Jatuh Pada 17 Juni 2024

Tatang menjelaskan, pihaknya sepakat menggelar Sholat Iduladha dengan memperhatikan pada keputusan Organisasi Konferensi Islam (OKI). Yakni, Iduladha akan digelar sehari setelah pelaksanaan wukuf.

"Tentu juga berdasarkan atas kesepakatan OKI yang sudah lama bersepakat untuk mengikuti wukuf di Arafah," ujarnya.

Meski pelaksanaan Sholat Id digelar pada Minggu, 16 Juni, penyembelihan hewan kurban akan tetap dilakukan pada Senin, 17 Juni. Rencananya sebanyak 13 ekor sapi dan 25 kambing akan disembelih. Termasuk sapi milik cawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

"Alhamdulillah untuk hewan kurban yang sudah terkumpul di kami dari jemaah, khusus masjid saja, karena ada lingkungan di sini. Masjid alhamdulillah sudah menampung sapi 13 ekor dan kambingnya 25 ekor," jelasnya.

Artikel lainnya: Daftar Libur Nasional Juni 2024: Iduladha dan Ada Long Weekend

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan